Thursday, 4 February 2010

Tzu-hsi, Kaisar Wanita Dari Cina

Ketika membayangkan seorang kaisar, yang terpikir dalam benak adalah seorang pria gagah yang yang didampingi permaisuri dan dikelilingi selir-selir cantik, bukan seorang wanita. Namun tahukah anda, ternyata negeri Cina pernah dipimpin oleh seorang kaisar wanita. Tzu-hsi namanya.

Tzu-hsi awalnya salah satu selir dari Kaisar Hsien-feng yang cantik rupawan. Bersama sang Kaisar ia dianugerahi seorang anak laki-laki. Setelah sang Kaisar meninggal, tahta kerajaan jatuh ke tangan anak laki-laki tunggalnya, Thung-chih. Karena usianya masih menginjak 6 tahun, Tzu-hsi memegang tampuk kekuasaan untuk sementara. Namun saat anaknya sudah mencapai usia minimal seorang kaisar, Thung-chih meningal dalam situasi yang mencurigakan (tahun 1875). Banyak yang meyakini ia di bunuh oleh ibunya sendiri, demi sebuah ambisi.

Kekuasaan yang harusnya jatuh ke tangan Kuang-hsu (sepupu Thung-chih) karena meninggalnya Thung-chih, diambil paksa oleh Tzu-hsi. Ia menduduki tampuk kekaisaran lagi meski dengan status sementara, menggantikan Kuang-hsu yang masih berumur 3 tahun. Pada tahun 1895 saat usia Kuang-hsu sudah dianggap dewasa untuk menjadi kaisar, ia malah dipenjarakan. Tzu-hsi, benar-benar seorang wanita yang berambisi tinggi pada kekuasaan, menggunakan segala cara untuk mencapai tujuan.

Tahun 1091, terjadi pemberontakan Boxer di Cina. Tujuannya untuk mengusir orang-orang asing dari negeri tirai bambu ini. Tzu-hsi adalah salah satu pendukungnya. Karena kesalahannya ini, ia terpaksa melarikan diri. Dalam pelariannya, ia memerintahkan pengikutnya untuk membunuh Kuang-hsu. Khuang-hsu berhasil dibunuh pada tanggal 14 November 1908, sehari sebelum Tzu-hsi meninggal.

Ternyata, keserakahan dan ambisi berlebihan bersifat Universal, tak mengenal latar belakang gender. Bisa menyusup dibalik kelembutan seorang wanita.





READ MORE - Tzu-hsi, Kaisar Wanita Dari Cina

Update News

Google Update News

Loading...
 

Copyright © 2009-2010 by Ternyata...... | Blogger | Google | Yahoo | MSN | Bing

Template by Blogger Templates | Modified by Glugu